TEKNIK GEOFISIKA


Hai sobat SEG UHO SC, artikel kali ini berisi materi yang akan memperkenalkan kamu seputar Teknik Geofisika. Semoga postingan ini dapat lebih meningkatkan pengetahuan kamu. Selamat membaca.


Apa sih Teknik Geofisika itu??


Teknik Geofisika adalah disiplin ilmu rekayasa yang mempelajari fisik bumi dibagian dalam dengan menggunakan metode dan teknik fisika seperti gelombang gempa, magnet bumi, gravitasi, struktur lapisan kulit bumi, dan sebagianya. Dengan menggunakan instrumen pengukuran, teknologi komputasi yang mutakhir serta integrasi dengan disiplin ilmu kebumian lainnya, sorang ahli Geofisika mampu mendeliniasi sifat fisis bumi dan mendapatkan informasi tentang potensi sumber daya energi di bawah permukaan bumi. Ilmu dan teknologi Geofisika juga dapat diaplikasikan dalam kegiatan mitigasi bencana alam, investigasi sumber daya air, mineral, bahan tambang, serta menyelesaikan masalah keteknikan.Aplikasi dari Teknik Geofisika digunakan untuk mengidentifikasi serta menentukan secara kuantitatif dan kualitatif besarnya sumber daya bumi yang bermanfaat bagi manusia. Orang yang menekuni pekrjaan dalam Geofisika disebut dengan Geofisikawan (Geophysicist)


 Apa yang Dipelajari di Teknik Geofisika???



Pembahasan dalam Teknik Geofisika berdasarkan kepada prinsip-prinsip geologi, fisika, kimia, matematika, hidrologi, dan informatika. Secara keseluruhan bidang kajian ilmu geofisika meliputi geofisika bumi padat meliputi seismologi yang mempelajari gempa bumi, ilmu tentang gunungapi atau volcanology, geodinamika yang mempelajari dinamika pergerakan lempeng-lempeng di bumi, serta eksplorasi yang digunakan dalam pencarian potensi sumber daya alam Tahun pertama mahasiswa akan mempelajari sains dan matematika yang menjadi landasan untuk mempelajari metode-metode geofisika. Tahun kedua mahasiswa diperkenalkan kepada dasar-dasar Ilmu Geofisika, komputasi, dan geologi yang akan menjadi fondasi untuk metode-metode geofisika lanjut. Tahun ketiga mahasiswa akan mempelajari metode-metode geofisika lanjut seperti, Metode Gaya Berat, Magnetik, Geolistrik, Elektromagnetik, dan Seismik beserta aplikasinya dalam Eksplorasi Energi dan Mitigasi Bencana Alam. Mahasiswa akan mendapat kesempatan untuk mengaplikasikan apa yang mereka pelajari di ruangan kelas ke pengukuran sifat fisis bumi tersebut di lapangan. Pada tahun yang keempat mahasiswa menerapkan dan mengintegrasikan metode-metode Geofisika yang telah dipelajari dalam menyelesaikan sebuah permasalahan real yang telah didesain. Mahasiswa diharuskan untuk berintegrasi dengan disiplin ilmu lainnya dalam menyelesaikan proyek yang diberikan. Pada tahun keempat ini, mahasiswa juga dibekali dengan kemampuan presentasi serta persiapan memasuki dunia kerja.


Lalu, apa bedanya Teknik Geologi dengan Teknik Geofisika. Bukannya Keduanya sama-sama mempelajari tentang bumi???


Pada dasarnya, kedua ilmu ini memiliki bidang kajian yang sama yaitu bumi. Namun, teknik geologi lebih mempelajari bumi bagian luarnya saja misalkan dengan melakukan penelitian langsung terhadap batuan yang ada dipermukaan melalui singkapan berupa struktur, komposisi dan karakteristiknya. Hasil dari penelitian seorang geologi pada umumnya masih bersifat dugaan. Adapun teknik geofisika, mempelajari bumi lebih  detailnya lagi berdasarkan data-data dalam permukaan yang diperoleh berdasarkan metode eksplorasinya sehingga kenampakan struktur dibawah permukaan dapat diketahui. Hasil kerja dari seorang geofisikawan dapat memberikan nilai yang mendekati kepastian akan keadaan dari suatu hal yang ingin dicari seperti kandungan logam berharga, letak reservoir  panas bumi dan lain sebagainya. Seorang Geologist dan Geophysicist punya peran penting dalam menangani kegiatan eksplorasi Sumber Daya Alam. Oleh karena itu, Kedua jurusan ini harus bekerja sama dengan baik agar mampu memberikan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat disekitarnya.


Bagaimana Prospek Kerja Teknik Geofisika Kedepannya???


Jurusan Teknik Geofisika merupakan sebuah jurusan yang memiliki prospek kerja yang cukup cerah kedepannya. Bagaimana tidak, jurusan ini sangat  dibutuhkan di masyarakat mengingat sekarang telah banyak dilakukan kegiatan eksplorasi. Proyeksi lulusan  Teknik Geofisika dapat menjadi ahli Geofisika dalam  bidang:
1.      Bidang Eksplorasi & Produksi Minyak, dan Gas Bumi
2.      Bidang Geothermal (Panas Bumi)
3.      Bidang Pertambangan
4.      Bidang Hidrologi
5.      Bidang Geoteknik & Mitigasi Bencana Alam
6.      Bidang Pendidikan & Penelitian Kebumian
7.      Bidang Komputasi dan Instrumentasi
8.      Bidang Pengembangan Wilayah & Lingkungan
Adapun lulusan-lulusan geofisika dapat berja di berbagai bidang seperti Eksplorasi Minyak dan Gas Bumi (Pertamina, Chevron, Total, Medco, ENI, Petronas, CNOOC, Exxon Mobile, dll),  Instansi pemerintahan (Pusat Penelitian Geologi, BMG, SKK MIGAS, ESDM, LIPI, dll.), Eksplorasi Tambang (Freeport, Aneka Tambang, Newmont, Bukit Asam, INCO,  dll) serta masih banyak lagi. 
Sekian pembahasan dasar tentang Teknik Geofisika, mudah-mudahan pembahasan kali ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Aamiin


Comments

  1. Ilmu Geofisika bertujuan untuk membantu eksplorasi sumber daya alam tambang seperti minyak dan gas bumi.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

STRUKTUR PRIMER

TIPE - TIPE BENTANG ALAM

Well Logging