KEKAR


Apa kabar teman-teman, kali ini kita akan membahas tentang  Kekar. Baiklah mari kita simak artikel berikut.
 Apa yang dimaksud dengan Kekar?
Dalam ilmu geologi, kekar merupakan pemecahan atau pemisahan dalam formasi geologis seperti sesar yang membelah batuan menjadi kepingan-kepingan. Kekar kadang-kadang dapat membentuk retakan yang dalam dan lebar di dalam batuan. Kekar terbentuk karena ketidak mampuan suatu batuan untuk menahan tekanan yang terlalu besar. Akibatnya, batuan mengalami keretakan di titik tengahnya. Kekar berukuran sangat kecil bila dibandingkan dengan sesar. Kekar pula dapat terbentuk disemua jenis batuan. Selain itu, kekar hampir atau sama sekali tidak mengalami perpindahan karena pada dasarnya kekar terbentuk di batuan yang tidak terpisah.
Sebuah sistem kekar terdiri dari dua atau lebih set kekar yang saling berpaut. Kekar merupakan struktur geologi yang paling universal karena ditemukan dihampir semua singkapan batuan. Kekar bervariasi dalam hal kenampakan, dimensi, susunan dan keterjadian di ingkungan tektonik yang berbeda.
Jenis Kekar, kekar dibedakan menjadi 3 macam yaitu kekar pengerutan, kekar lembar dan kekar akibat tektonik:
1.      Kekar  Lembar
Merupakan sekumpulan kekar yang sejajar dengan permukaan tanah, terutama pada batuan beku. Kekar ini terbentuk akibat penghilangan beban batuan yang tererosi.

2.      Kekar Pengerutan
Merupakan kekar yang disebabkan karena gaya pengerutan yang timbul karena pendinginan atau pengeringan biasanya berbentuk polygonal yang memanjang. Salah satu jenis dari kekar ini adalah kekar kolom (misalkan pada batuan beku). Kekar kolom yang terjadi pada batuan beku, pada umumnya terbentuk akibat adanya intrusi dangkal yang letaknya relative dekat dengan permukaan bumi. Kekar ini biasanya berbentuk segi empat atau segi enam.


3.      Kekar Akibat Tektonik
Berdasarkan ganesanya kekar tektonik dibagi menjadi dua yaitu kekar gerus dan kekar tarik. Kekar gerus merupakan kekar yang terjadi akibat stress yang cenderung menggelincir bidang satu sama lainnya yang berdekatan. Kekar tarik merupakan kekar yang terbentuk dengan arah yang tegak lurus dari gaya yang cenderung untuk memindahkan batuan.

Proses Terbentuknya Kekar

Kekar dapat terbentuk saat maupun setelah pengendapan (pada batuan sedimen) atau pada saat maupun setelah pendinginan (pada batuan beku). Selain itu, faktor luar juga mempengaruhi terbentuknya kekar, seperti  pelapukan, maupun gaya-gaya yang menyebabkan terjadinya perubahan atau deformasi pada batuan.
Aplikasi Kekar dibidang Eksplorasi
Kekar memiiki banyak kegunaan dibidang eksplorasi. Pada minyak dan gas bumi, kekar dapat menyebabkan jalan keluarnya minyak dari batuan asal ke reservoir. Selain itu, migrasi minyak melaui kekar larinya minyak dan gas bumi ke permukaan. Untuk eksporasi geothermal, kekar berfungsi sebagai pembentuk reservoir yang diduga terbentuk akibat rekahan-rekahan yang terjadi pada proses tektonik dan pembentukan gunung api. Selain itu, kekar juga berfungsi sebagai jalan untuk naiknya tipe air panas yang didominasi oleh air bikarbonat dengan membawa unsur-unsur voatil seperti CO2. Pada eksporasi pertambangan kekar berfungsi sebagai jalan untuk larutan, sebagai ruang untuk pengendapan serta mempengaruhi desain penambangan yang berhubungan dengan geologi teknik.

Thanks and look forward to the next article

Comments

Popular posts from this blog

STRUKTUR PRIMER

TIPE - TIPE BENTANG ALAM

Well Logging