Geo-News :Penurunan Lahan Di Sungai Mississipi

Geo-News :Penurunan Lahan Di Sungai Mississipi

Hai sobat SEG UHO SC.
Selamat datang kembali di website kami, sekaligus kami menginformasikan bahwa setiap hari selasa dan rabu kami tidak membuat postingan selama beberapa minggu kedepan dikarenakan adanya kesibukan. Kembali ketopik, kali ini kami ada informasi seputar pengetahuan geologi. Semoga postingan ini dapat lebih meningkatkan pengetahuan kamu seputar pengetahuan dasar geologi. Selamat menyimak dan memahaminya.


Gambar 1. Delta sungaiMississipi

                Para ahli telah menemukan bahwa dari delta sungai Mississippi sampai di teluk Meksiko mengalami erosi yang terjadi seperti penghilangan bidang tanah sampai di pesisir pantai Lousiana. Selama abad 20 terakhir, ribuan bendungan dibangun di anak sungai Mississippi, menghentikan aliran lumpur halus. Tanpa sedimen ini, lahan khususnya lahan basah akan menghilang, dimana akan mengancam infrastruktur lepas pantai dan daratan dalam menghadapi gelombang, angin topan, banjir yang disertai badai. Hilangnya lahan juga akan mempengaruhi makhluk hidup yang ada disekitarnya seperti hewan dan tumbuhan. Dalam studi komprehensif baru ini, para ilmuwan telah memetakan dasar laut dari delta sungai Mississippi sampai ke teluk Meksiko untuk pertama kalinya. Penelitian ini di publikasikan baru baru ini di Jurnal Marine Geology

“Bayangkan ini sebagai perluasan bawah permukaan air akibat dari penghilangan bidang tanah yang terlihat dipermukaan. Ini adalah masalah besar karena dapat mempengaruhi begitu banyak proses yang terjadi dari pantai ke laut terbuka termasuk siklus kehidupan organisme laut dan tanah longsor bawah laut,” Kata penulis utama Asisten Profesor Universitas San Diego Jillian Maloney, yang melakukan penelitian ini sebagai sebuah penelitian setelah mendapatkan gelar Doktoral di Louisiana State University.



 Jillian Maloney


“Dari studi komprehensif ini, kami telah menetapkan bahwa Delta di Sungai Mississippi telah memasuki tahap penurunan. Anak Sungai Mississippi juga dikenal sebagai Delta Kaki Burung  atau menyebar secara alami selama ratusan tahun, tetapi itu sekarang telah berhenti. Bagian bawah laut delta sekarang bergerak semakin memundur seperti kehilangan tanah seperti yang kami lihat di peta bentang alam kami, "kata rekan penulis studi Sam Bentley, profesor dan Billy dan Ann Harrison selaku ketua dari Geologi Sedimen di Louisisana State University, Departemen Geologi dan Geofisika.

Studi terbaru menunjukkan bahwa pembangunan tanggul untuk perlindungan banjir telah menyebabkan kehilangan tanah yang luas. Tanggul memutuskan aliran sungai dan diperkirakan 210 juta ton sedimen yang secara alami akan mengalir ke delta dan membangun lahan basah dan dasar laut.

Gambar 3. Delta Sungai Mississipi


Delta Sungai Mississippi adalah salah satu delta yang paling banyak dipelajari dan dikenal di dunia. Di antara sungai-sungai dunia, Sungai Mississippi mengeluarkan air dan sedimen terbesar ketujuh. Namun, delta sungai lainnya di seluruh dunia juga mengalami penipisan yang sama dalam sedimen dan tanah.

"Mengingat kesamaan antara Delta di Sungai Mississippi dan sistem sungai di seluruh dunia, kami menduga sistem delta utama lainnya memasuki fase penurunan. Sehingga dari fase penurunan ini mungkin memiliki keterkaitan ekosistem delta dan kondisi biologis, geologi dan kimia di seluruh dunia," kata Bentley.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa dasar laut dari Delta Sungai Mississippi ke Teluk Meksiko mengikis seperti kehilangan tanah yang terjadi di pantai Louisiana. Selama abad ke-20, ribuan bendungan dibangun di anak sungai Mississippi, menghentikan aliran lumpur halus, tanah liat dan sedimen lainnya dari mencapai delta dan dasar laut untuk mengimbangi erosi.

Sekian informasi singkat dari kami, semoga dapat memberi manfaat bagi pembaca. Terimakasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Comments

Popular posts from this blog

STRUKTUR PRIMER

TIPE - TIPE BENTANG ALAM

BATUAN METAMORF