GAS ALAM


Pada artikel kali ini akan mebahas mengenai gas alam. Jadi, a
pa itu gas alam? Bagaimana komposisi gas alam?

1. Definisi Gas Alam

Gas alam atau juga sering disebut gas bumi adalah bahan bakar fosil tanaman dan hewan yang berbentuk gas yang merupakan campuran hidrokarbon  yang mempunyai daya kembang besar, daya tekan tinggi, berat jenis spesifik yang rendah dan terkumpul di bawah tanah dengan berbagai acam komposisi yang terdapat dalam kandungan minyak bumi (associated gas). Semua kandungan minyak bumi berkaitan dengan gas alam, dimana gas itu dapat larut dalam minyak mentah dan seringkali membentuk “cungkup gas” diatas kandungan minyak bumi tersebut. Komposisi utama dari gas alam adalah metana (80%), sisanya adalah etana (7%), propana(6%), dan butana (4%), isobutana, dan sisanya pentana. Selain itu, gas alam dapat juga mengandung helium, nitrogen, karbon dioksiada, dan karbon-karbon lainnya.

Setelah mengetahui tentang definisi gas alam, mari cari tahu perbedaan antara minyak bumi dan gas alam. Hal-hal apa saja yang membedakannya?

2. Perbedaan Minyak Bumi dan Gas Alam
Mungkin dari wujudnya telah dapat dibedakan antara minyak dan gas. Perbedaan antara minyak dan gas adalah minyak merujuk pada campuran hidrokarbon yang cair pada suhu ruang sedangkan gas adalah campuran gas yang terbentuk dari fosil tetap terkubur jauh dari dalam bumi. Gas ini dapat dikaitkan dengan minyak atau ditemukan sendiri. Minyak merupakan zat yang mudah terbakar berbau manis, dan gas adalah fluida bersifat gas. Minyak tidak larut dalam air, dan sementara digunakan sebagai bahan bakar cadangan ketika pasokan gas tidak tersedia. Gas telah menggantikan minyak dalam berbagai aplikasi industry, karena tidak hanya murah, tetapi memberikan asap panas gratisserta minyak berpotensi lebih berbahaya untuk lingkungan daripada gas

Lalu bagaimana proses pembentukan gas alam? Hal-hal apa saja yang mempengaruhinya

3. Proses Pembentukan Gas Alam
Gas alam terbentuk dari proses pelapukan jasad renik (mikroorganisme) yang terkubur di bawah tanah berjuta-juts tahun lalu. Jasad renik yang mati lalu membusuk, makin lama makin menumpuk kemudian tertutup oleh endapan dari sungai atau bebatuan yang berasal dari pergerakan bumi. Akibat adanya tekanan-tekanan tinggi selama berjuta-juta tahun maka terbentuklah gas alam. Setelah terbentuk, gas alam akan cenderung naik (bermigrasi) ke permukaan bumi melalui pori-pori dibatuan. Hal ini dikarenakan kepadatan gas yang rendah dibandingkan dengan batuan disekitarnya. Deposit gas alam yang ditemukan saat ini berupa gas bermigrasi ke dalam batuan yang berpori dan permeabel, yang terletakdi bawah lapisan batu tak berpori dan tak permeabel. Ini membuat gas alam terhalang dan mengumpul dibawah batuan keras ini. Kumpulan ini membentuk deposit gas dalam jumlah banyak yang dapat ditambang secara ekonomis. 

Setelah mengetahui tentang sedikit mengenai gas alam, mari kita cari tahu manfaat dari gas alam. Bagaimana peranan gas alam bagi kegiatan manusia?

4. Manfaat Gas Alam
Beberapa manfaat dari gas alam adalah sebagai berikut:
1)      Sebagai bahan bakar untuk kendaraan gas alam dapat digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak,seperti bensin dan solar yang dapat menimbulkan masalah polusi udara.
2)      Gas alam memiliki sifat yang sangat bersih bahkan lebih bersih dari sumber minyak dan batubara, sehingga lebih efektif digunakan sebagai sumber pembangkit listrik.
3)      Pemnfaatan gas alam yang didukung oleh pemakaian teknologi akan menjadi investasi bagi sebuah Negara.
4)      Dengan adanya eksplorasi gas alam yang dilakukan oleh  beberapa perusahaan pertambangan, maka akan dapat meciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat
5)      Gas alam bisa menjadi sumber bahan baku beberapa industry seperti industry pengolahan plastic (LDPE), industry pengolahan methanol, dan industry pengolahan pupuk.
6)      Gas alam sangat dibutuhkan bagi beebrapa negara maju yang belum memiliki pertmbangan agas alam sebagai sumber energi untuk transportasi, bahan baku  industry, dan sumber bahan bakar lain, sehingga dengan adanya hal ini dapat meningkatkan potensi ekonomi bagi negara penghasil gas alam.
7)      Gas alam bisa diolah menjadi sumber energi alami untuk mesin pemanas dan pendingin di perumahan maupun diperkantoran
8)      Pemakaian gas alam sebagai bahan bakar untuk kebutuhan masak menjadi salah satu energi yang sangan aman, seperti LPG.

Demikian artikel mengenai gas alam. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Comments

Popular posts from this blog

STRUKTUR PRIMER

TIPE - TIPE BENTANG ALAM

BATUAN METAMORF