PROFIL PERUSAHAAN ENERGI TERBESAR DI DUNIA.

Hallo sobat SEG UHO SC!!
Kali ini kami akan membahas mengenai Profil perusahaan sumber energi terbesar di dunia. Simak artikel berikut!!

Profil perusahaan sumber energi terbesar di dunia
Setiap aktivitas yang ada di bumi pasti memerlukan energi, energi diperlukan sebagai sumber tenaga penggerak yang bisa bermanfaat dalam banyak hal nantinya. Karena manusia hidup dengan sekian banyak inovasi-inovasi atau penemuan yang nantinya dapat memerpudah kerja manusia.
Namun, apakah kalian tahu bahwa penggunaan energi makin meningkat setiap periode, akibat kemajuan-kemajuan dalam berbagai bidang yang diproduksi oleh manusia. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi para produsen di bidang sumber energi khususnya sumber energi dari dalam bumi yang kita tahu menjadi penyokong terbesar sumber energi yang ada saat ini, untuk terus berusaha menyediakan sumber energi yang tetap tersedia dan mudah dijangkau oleh seluruh manusia. Berikut kami menyediakan profil perusahaan energi terbesar di dunia berdasarkan potensi cadangannya.


Saudi Amarco


Saudi Arabian Oil Co. Atau lebih dikenal dengan Saudi Aramco adalah sebuah perusahaan minyak Nasional Arab Saudi dengan cadangan Minyak terbesar di dunia yang bersumber dari dua ladang minyak utama yaitu ladang Gwahar dan Shaybah. Perusahaan ini berpusat di dhahran, Arab Saudi. Selama lebih dari 85 tahun, Saudi Aramco telahmenjadi perusahaan minyak dan gas yang terintegrasi terbesar di dunia dan memimpin dunia dalam bidang eksplorasi hidrokarbon, produksi, pemurnian, distribusi dan pemasaran minyak dan gas alam. Saudi Aramco telah dikenal sebagai salah satu produsen minyak dan gas alam terbaik dunia karena mereka melihat berbagai peluang minyak dan gas yang memungkinkan untuk diproduksi.

- Cadangan Minyak dan Gas alam Terbesar Dunia




Saudi Aramco memiliki cadangan minyak yang diperkirakan cukup hingga 70-80 tahun mendatang atau sekitar 260 milliar barrel minyak, dengan produksi tahunan mencapai 3,479 miliar barrel yang artinya sekitar 10 juta barel produksi per hari. Tentunya produksi minyak sebanyak itu tidak lepas darisumber yang diperoleh di lebih dari 100 ladang minyak. Termasuk cadangan gas alam sekitar 284,2 triliun kubik standar. Hal inilah yang menjadikan Saudi Aramco bernilai 10 triliun dolar AS atau sekitar 140 ribu triliun rupiah dengan lebih dari 70 ribu pekerja dari seluruh penjuru dunia.

- Perusahaan Dengan Moto "When Energy is Oportunity"



Dengan bantuan dari banyak pihak serta kerja sama dari berbagai negara seperti Arab Saudi , Cina, Mesir, jepang dan masih banyak lagi, Saudi Aramco mempunyai misi untuk menyediakan energi untuk  kerajaan dan dunia, dan menjadi produsen minyak dan gas terbaik yang tidak hanya memproduksi tapi juga memurnikan untuk menghasilkan minyak dan gas dengan kualitas tinggi. Sesuai dengan moto perusahaan “When Energy is Oportunity” Saudi Aramco terus berkembang untuk bisa memimpin produksi energi minyak dan gas alam di tingkat dunia.

Peabody Energy

Peabody Energy adalah salah satu perusahaan tambang batu bara swasta terbesar di dunia, perusahaan ini bermarkas di St. Louis Missouri. Perusahaan inilah yang mengelola The North Antelope Rochelle Mine. Peabody Energy memiliki kantor cabang di beberapa negara dengan tujuan pemasaran yang mudah seperti Cina, Indonesia, Amerika Serikat dan masih banyak lagi. Peabody Energy bertujuan untuk melakukan perdagangan batu bara guna keperluan pembangkit listrik dan pabrik baja.

- Raksasa Cadangan Batu Bara Terbesar Dunia



Seperti yang telah dipaparkan diatas bahwa Peabody Energy yang mengelola The North Antelope Rochelle Mine, The North Antelope Rochelle Mine adalah sebuah tambang batubara terbesar di Amerika Serikat dan dunia, terletak di kota Campbell, Wyoming sekitar 65 mil dari selatan Gillette.. Tambang ini pada awalnya terbagi menjadi dua, Peabody Energy membuka tambang North Antelope ini pada tahun 1983, sementara tambang Rochelle dibuka pada tahun 1984. Kedua tambang ini kemudian disatukan pada tahun 1999 yang kemudian menjadi tambang batubara terbesar di Amerika Serikat. Pada tahun 2015 tercatat sekitar 109,3 juta ton batubara yang diproduksi dari tambang ini. Batu bara yang diproduksi Oleh Peabody Energy telah berperan membangkitkan 10% listrik di Amerika Serikat dan 2% listrik dunia. Pada tahun 2014, perusahaan ini memiliki cadangan batu bara terbukti dan potensial sebesar 7,5 miliar ton. 

 Pertamina Geothermal Energy (PGE)



Pertamina Geothermal Energy adalah sebuah perusahaan dalam negeri yang bergerak dalam bidang produksi uap dan listrik dengan memanfaatkan panas bumi sebagai sumber energi utama. Pertamina Geothermal Energy didirikan pada tahun 2006 sebagai anak perusahaan PT. Pertamina (Persero). Ada beberapa daerah operasi yang telah dimanfaatkan Energinya seperti Kamojang, Lahendong, Sibayak, Ulubelu dan Karaha. Pertamina Geothermal Energy mempunyai misi melaksanakan pengelolaan operasi dan portofolio usaha Geothermal secara Profesional yang Berwawasan Lingkungan dan Memberikan Nilai Tambah bagi Stakeholder
Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia memiliki banyak sekali potensial sumber panas bumi yang terdapat disepanjang selatan pulau Sumatra hingga Nusa Tenggara Timurdan juga bagian Utara Sulawesi. Pertamina Geothermal Energy kemudian hadir untuk memanfaatkan potensial panas bumi yang melimpah di Indonesia dan didistribusikan untuk kesejahteraan masyarakat sekitar. Potensi panas bumi yang dimiliki Indonesia sangat besar, mendorong Pertamina Geothermal Energy untuk mengoptimalkan pemanfaatannya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya wilayah kerja yang telah dibuka dan beberapa sudah beroperasi di daerah Sumatra, Jawa dan Sulawesi. Beberapa daerah yang sudah beroperasi antara lain:



Area Kamojang



Area Kamojang  terletak di WKP Kamojang - Darajat, Provinsi Jawa Barat, dimana terdapat 5  unit  PLTP yang beroperasi sejak 1983, dengan total kapasitas terpasang saat ini sebesar 235MW.

Area Lahendong



Area  Lahendong terletak  di  WKP Lahendong, Provinsi Sulawesi Utara, dimana terdapat 6 unit  PLTP yang beroperasi  sejak tahun 2001, dengan total kapasitas  sebesar 120MW.

Area Sibayak


Area Sibayak terletak  di  WKP  Gunung  Sibayak-Gunung  Sinabung, Provinsi Sumatera Utara, dimana terdapat 1 unit Monoblok dengan kapasitas terpasang  sebesar  2  MW  dan 2 Unit PLTP dengan kapasitas 2x5 MW.

Area Ulubelu


Area Ulubelu terletak di WKP Gunung Way Panas, Provinsi Lampung, dimana terdapat 4 unit PLTP yang beroperasi sejak tahun 2011, dengan kapasitas 220MW.

Area Karaha


Area Karaha terletak  di  WKP  Karaha  Cakrabuana,Tasikmalaya  dan  Garut,  Provinsi  Jawa  Barat, dimana terdapat 1 unit  PLTP yang beroperasi sejak tahun 2018 dengan kapasitas 30 MW.


-          Dua Skema Pemanfaatan Panas Bumi

Pertamina Geothermal Energy memiliki dua jenis skema pemanfaatn energi panas bumi diantaranya:

Pemanfaatan Langsung dengan tekanan dan suhu uap rendah.




Pemanfaatan TidakLangsung dengan tekanan dan suhu uap tinggi



Tantangan akan adanya penggunaan energi yang makin besar tentunya memberikan tugas besar bagi para penyedia sumber energi yang terbarukan atau tidak terbarukan. Hal ini juga perlu kita sikapi bersama secara positif, dengan ketersediaan sumber energi yang makin menipis kita juga perlu membudayakan penghematan, agar energi yang sekarang kita manfaatkan dapat juga bermanfaat bagi generasi mendatang.

Sekian untuk artikel kali ini.. Semoga bermanfaat.!!
Nantikan artikel kami berikutnya..
Terima kasih..!!




Comments

Popular posts from this blog

STRUKTUR PRIMER

TIPE - TIPE BENTANG ALAM

BATUAN METAMORF