SEJARAH PEMANFAATAN ENERGI PANAS BUMI

Apa kabar sahabat pembaca, kali ini kita akan membahas mengenai Sejarah Pemanfaatan Langsung Energi Panas Bumi , penasarankan mari simak artikel berikut.

Penggunaan energi panas bumi secara langsung telah dilakukan sejak ribuan tahun yang lalu. Pemanfaatannya selain untuk pemandian air panas, juga dapat dimanfaatkan untuk memasak bahan makanan. Sedangkan untuk pemanfaatan panas bumi sebagai pengering bahan pangan skala industri pertama kali dilakukan di Nevada, Amerika Serikat. Pemanfaatan langsung dalam bidang pertanian ini digunakan untuk mengeringkan bawang merah dan bawang putih dengan total produksi lebih dari 3 – 4 ton bawang basah setiap jam.


Gambar 1. Pemanfatan Panas Bumi berdasarkan kenaikan tempetatur

Sesuai dengan perkembanganya, pemanfaatan langsung panas bumi mulai digunakan untuk berbagai keperluan serta meluas di berbagai daerah, misalnya ekstraksi asam boric di Italia, pengeringan ikan di Iceland, pengeringan tomat di Yunani, pengeringan gandum di Hongaria, pemanasan ruangan di Jerman.

Negara Indonesia memiliki peluang yang sangat besar dalam bidang panas bumi. Potensi cadangan energi panas bumi di Indonesia sebesar 40% dari total cadangan energi panas bumi seluruh dunia, atau setara dengan 28.000 MWe. Potensi panas bumi ini tersebar dari Aceh hingga Sulawesi.

Untuk memanfaatkan kesempatan ini perlu dilakukan kajian yang mendalam agar perkembangan pemanfaatan panas bumi untuk pembangkit listrik juga diimbangi dengan kajian pemanfaatan langsung fluida panas bumi, seperti untuk pertanian, perikanan, pariwisata dan bahkan untuk proses kimia. Berdasarkan data Departemen ESDM bulan juli 2010, pemanfaatan panas bumi untuk listrik di Indonesia telah mencapai 1189 MWe yang tersebar di wilayah Indonesia.

Sedangkan untuk pemanfaatan panas bumi secara langsung masih terbatas  untuk pemandian air panas yang digunakan pada tempat-tempat wisata, seperti Ciwidey, Cipanas, dan tempat-tempat pemandian umum di daerah Garut. Dengan meningkatnya pengelolaan panas bumi di Indonesia untuk pembangkit listrik, seharusnya pula meningkatkan pemanfaatan panas bumi selain listrik, sehingga pemanfaatan panas bumi di Indonesia menjadi lebih efektif.


Gambar 2. Potensi Panas Bumi di Indonesia


Seperti yang sudah dilakukan di Iceland, Amerika Serikat, Belanda, Rusia, serta Jepang. Negara-negara tersebut telah memanfaatkan energi panas bumi untuk kegiatan industri, pertanian, penangkaran hewan air, budidaya ikan, green house, bahkan digunakan sebagai pencair salju di jalan raya apabila musim salju tiba. Di daerah Oregon, Amerika Serikat, fluida panas bumi digunakan untuk memenuhi kebutuhan air panas dari sekolah dasar hingga universitas dengan menggunakan sistem pompa.


<= Thanks and look forward to the next article =>

Comments

Popular posts from this blog

STRUKTUR PRIMER

TIPE - TIPE BENTANG ALAM

BATUAN METAMORF